Kayuselem

Apa itu Kawitan ?

by on Apr.28, 2011, under Buah Pikiran

Belakangan banyak kita jumpai Saudara-Saudara kita umat sedharma yang bingung mencari “Kawitan”. “Kawitan saya dimana dan Siapa ?” barangkali itulah kalimat yang sering kita dengar di masyarakat.
Apa yang dimaksud sebenarnya dengan Kawitan?

Secara umum masyarakat mengenal kata Kawitan dengan arti asal mula atau leluhur seseorang yang menjadi cikal bakal keberadaan keluarganya di masa kini. Atau bisa dikatakan bahwa Kawitan adalah Asal mula sebuah soroh atau clan yang ada di Bali.

Secara harfiah dan hasil dari paruman Sulinggih di Bali, menurut Ida bagawan Dwija, bahwa Kawitan, medal saking “Wit” artinne “asal-usul” utawi preti sentanan sira. Sampun wenten kayun nunggil sejebag jagat Bali, sane kewastanin Ida Bhatara Kawitan inggih punika Ida sane rawuh ring jagat Bali lan ngawentenang sentana, sedurung utawi sesampun jagat Baline kekaonang olih Majapahit. Kawitan sane wenten ring Bali sedurung Majapahit minekadi Ida Rsi Bujangga Waisnawa, Pasek Sanak Sapta Rsi. Pasek Kayu Selem, miwah ane tiosan. Sesampun Majapahit minekadi Dalem miwah para Arya. Cutet yen bawosang ring basa Indonesia, “yang dinamakan Kawitan adalah orang/manusia yang mengembangkan keturunan di pulau Bali” Dadosne leluhur sane ring Jawi ten kebawos kawitan; minekadi : Mpu Tantular, Ken Arok, Tunggul Ametung, Jayasabha, Jayabhaya, miwah sane tios-tiosan yadiastu preti sentanan Idane rauh ke Bali.

Nah, dengan demikian telah jelas apa yang dimaksud dengan Kawitan. Sehingga, bagi rekan2 umat sedharma yang telah mengetahui Kawitannya, seyogyanyalah rajin menghaturkan puja bakti kehadapan Beliau, agar mendapat pencerahan dan perlindungan dalam mengarungi kehidupan ini. Dan bagi umat yang belum mengetahui Kawitan, silahkan mulai saat ini menelusuri dan meneliti asal usul keluarga saudara. Jika tidak mampu, silahkan memohon petunjuk kepada orang pintar atau Jero Balian dengan memohon petunjuk terlebih dahulu pada Sanggah Kamulan agar diberikan jalan dengan pejati secukupnya sesuai tata cara setempat.

Namun ingat, Kawitan bukanlah komoditi atau sebuah properti yang layak untuk dipertontonkan atau bahkan menjadi materi politik demi tujuan tertentu. Sadarilah bahwa tujuan mengetahui Kawitan adalah untuk berbakti kehadapan beliau, meneruskan perjuangan maupun mencontoh kemuliaan beliau dan mengabdikannya bagi keluarga, masyarakat dan bahkan negara.


Leave a Reply

[+] kaskus emoticons

Mencari sesuatu?

Gunakan form di bawah untuk menjelajahi situs:

Tetap tidak ketemu? Tinggalkan komentar agar kami bisa mencarikan untuk Anda!

Temans

Website dan Blog kawan

Arsip

Semua posting, secara kronologis..