Kayuselem

Warga Pasek Kayu Selem atau Warga Kayu Selem?

by on Aug.08, 2011, under Buah Pikiran

Ini adalah kutipan dari Surat Pembaca pada harian Bali Post tentang sebutan bagi clan atau soroh atau keluarga Pasek Kayuselem. Berikut kutipannya :

———————————————————————————————————————-

Warga Pasek Kayu Selem atau Warga Kayu Selem?

Yang terhormat para pembaca Bali Post dan PHDI, saya seorang anak muda dan ingin sekali tahu tentang sejarah dan babad Warga Pasek Kayu Selem atau Warga Kayu Selem. Ada yang menggunakan nama Warga Pasek Kayu Selem dan Warga Kayu Selem. Yang ingin saya tanyakan:

1. Dari dua nama yang saya sebutkan di atas mana yang benar apakah Warga Pasek Kayu Selem atau Warga Kayu Selem?

2. Apakah Warga Kayu Selem termasuk warga Pasek atau tidak?

3. Dalam melaksanakan upacara keagamaan seperti Pitra Yadnya (Ngaben), dalam muput upacara apakah menggunakan pedanda (pandita) atau empu?

Saya berharap pembaca yang budiman dan tokoh rohaniwan Hindu maupun PHDI yang tahu sejarahnya, sudi kiranya memberikan informasi kepada saya sehingga nantinya saya bisa menjelaskan kepada anak dan cucu saya yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan dan melakukan perbaikan ke depannya, agar saya sebagai warga Kayu Selem tidak salah mengambil langkah.

Tidak ada maksud dan tujuan saya memecah belah sesama umat Hindu, saya hanya ingin tahu sejarah dan kebenaran para leluhur saya. Semoga dengan ini kita bisa saling bertukar informasi dan menjaga keharmonisan sesama umat.

I Nyoman Suardika

Br. Samu Singapadu Kaler Sukawati, Gianyar

———————————————————————————————————————-

Dari kutipan tersebut di atas, dapat Saya sampaikan beberapa hal yang menurut saya dapat menjawab secara benar atau barangkali mendekati kebenaran.

1. Sebutan atau nama dari keluarga / soroh Kayuselem dapat disebut Warga Pasek Kayuselem atau Warga Kayuselem. Semuanya sama atau maksudnya mengarah pada salah satu keluarga keturunan Mpu Kamareka. Kata yang membedakan hanyalah kata Pasek, hal mana ini merupakan sebutan sebuah Jabatan pada pemerintahan Dalem Klungkung. Oleh karena salah satu keluarga Kayuselem dahulu memperoleh jabatan sebagai pemimpin sebuah wilayah tertentu atau macekin (menjadi pengikat / pemersatu warga). Sehingga diberikan nama sebutan Pasek / Pasak / Pakis / Paku.

2. Apakah Kayuselem termasuk warga Pasek? Pasek yang mana? namanya saja sudah Pasek Kayuselem, jelas merupakan keluarga Pasek. Jika dikaitkan dengan Pasek keturunan Mpu Mpu Sanak Sapta Resi, maka hubungannya adalah bahwa Asal dari Sanak Sapta Resi ialah Mpu Gni Jaya yang berparahyangan di Lempuyang Madya, beliau menurunkan 7 (tujuh) Resi yang dikenal dengan Sapta Resi yang kemudian lalu menurunkan Sanak Sapta Resi. Adik beliau Mpu Gni Jaya bernama Mpu Semeru yang berparahyangan di Besakih atau tepatnya di Pura Ratu Pasek sekarang. Beliau tidak menikah, atau nyukla brahmacari namun memiliki putra dari buah pikiran beliau yang suci bernama Mpu Bendesa Dryakah atau lebih dikenal dengan Mpu Kamareka. Mpu Kamareka dalam pertapaan beliau menikahi Bidadari Kuning yang kemudian menurunkan Sang Catur Sanak yaitu keluarga Kayuselem, Celagi, Tarunyan dan Kayuan.

3. Dalam muput sebuah upacara baik itu Dewa yadnya, Manusa yadnya, pitra yadnya dan Bhuta Yadnya, hendaklah mengacu kepada tuntunan Agama Hindu, yaitu bila Dewa yadnya , manusa yadnya, pitra yadnya biasanya memohon kepada Pedanda/Mpu/Rsi Bhagawan/Bhujangga/Dukuh dan sebutan lainnya yang pada prinsipnya sama saja. Untuk Bhuta yadnya biasanya memohon kepada Ida Resi Bhujangga, atau dapat juga kepada Ida Meraga Sulinggih yang lainnya. Upacara boleh dipuput oleh Sang Meraga Sulinggih baik dari soroh sendiri maupun soroh lain, asal beliau berkompeten dalam menjalankan swadarmanya.

Demikian jawabannya, Saya berharap dapat menjadi lentera bagi umat sedharma dalam mengarungi kehidupan beragama Hindu khususnya di Bali.

:,

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons

Mencari sesuatu?

Gunakan form di bawah untuk menjelajahi situs:

Tetap tidak ketemu? Tinggalkan komentar agar kami bisa mencarikan untuk Anda!

Temans

Website dan Blog kawan

Arsip

Semua posting, secara kronologis..