Kayuselem

Desa Pakraman dan Banjar Pakraman

by on Mar.30, 2012, under Adat

Di Pulau Bali atau di Provinsi Bali terdapat istilah Desa Pakraman. Desa ini sedikit berbeda pengertiannya dengan Desa yang biasa kita pahami yakni suatu wilayah yg memiliki penduduk dgn jumlah tertentu pada suatu lingkup administrasi Desa yg terdiri dari satu atau beberapa Lingkungan/Dusun dgn dikepalai oleh seorang Kepala Desa.

Menurut Perda Provinsi Bali Nomor 6 tahun 1986 dijelaskan pengertian Desa Pakraman,Desa Dinas, Banjar Adat dan Kelurahan. Desa pakraman sebagai desa dresta adalah kesatuan masyarakat hukum adat di Bali yang mempunyai satu kesatuan tradisi dan tata krama pergaulan hidup masyarakat umat Hindu secara turun temurun dalam ikatan kahyangan tiga/kahyangan desa,yang mempunyai wilayah tertentu dan harta kekayaan sendiri,serta berhak mengurus rumah tangganya sendiri.

Banjar atau banjar adat adalah kelompok masyarakat yang merupakan bagian dari desa pakraman,serta merupakan suatu ikatan tradisi yg sangat kuat dalam suatu kesatuan wilayah tertentu,dengan seorang atau lebih pemimpin,yg dpt bertindak ke dalam atau ke luar dlm rangka kepentingan warganya dan memiliki kekayaan,baik berupa material maupun immaterial. Satu desa pakraman biasanya terdiri dari beberapa banjar adat. Namun ada pula satu desa pakraman hanya terdiri dari satu banjar adat. Desa pakraman dipimpin prajuru adat yang terdiri dari Bendesa adat dan beberapa orang pembantu/petajuh. Banjar adat dipimpin oleh prajuru banjar, yang terdiri dari kelihan banjar dan dibantu beberapa orang petajuh.

Desa dinas adalah suatu wilayah yg ditempati oleh sejumlah penduduk sebagai kesatuan masyarakat hukum,termasuk didalamnya kesatuan masyarakat hukum yg mempunyai organisasi pemerintahan terendah,langsung di bawah camat, dan berhak melaksanakan rumah tangganya sendiri dalam ikatan negara Kesatuan Republik Indonesia. Desa dinas atau desa, dikepalai seorang kepala desa. Desa dinas biasanya terdiri dari beberapa banjar atau sekarang dikenal dengan dusun. Dengan kondisi seperti digambarkan di atas, akhirnya dapat dijumpai satu desa pakraman terdiri dari satu desa dinas, ada satu desa pakraman terdiri dari beberapa desa dinas dan sebaliknya adat satu desa dinas terdiri dari beberapa desa pakraman.

Kelurahan adalah suatu wilayah yg ditempati oleh sejumlah penduduk yg mempunyai organisasi pemerintahan terendah langsung di bawah camat, yg tidak berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri. Kelurahan dikepalai seorang lurah. Satu kelurahan terdiri dari beberapa lingkungan yang dikepalai seorang kepala lingkungan. Perlu ditambahkan bahwa apa yg sekarang dikenal dengan kelurahan dan desa dinas,umumnya berasal dari desa /keperbekelan, yang pada zaman dulu dipimpin seorang perbekel. Sedangkan banjar/dusum dikepalai seorang kelihan dinas/kepala dusun.

:,

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons

Mencari sesuatu?

Gunakan form di bawah untuk menjelajahi situs:

Tetap tidak ketemu? Tinggalkan komentar agar kami bisa mencarikan untuk Anda!

Temans

Website dan Blog kawan