Kayuselem

Karma Phala, sebuah aksi-reaksi

by on Nov.06, 2015, under Buah Pikiran

Karma Phala tersusun dari kata karma dan phala. Menurut terjemahan bahasa sanskerta, Karma berarti perbuatan dan phala artinya buah. Sehingga dapat disimpulkan, Karma Phala maksudnya adalah buah atau hasil dari setiap perbuatan. Agama Hindu mengenal adanya Tri Kaya Parisudha, yaitu Tiga hal/perbuatan (pikiran, perkataan dan tindakan) yang patut disucikan untuk memperoleh Phala yang baik.

Berangkat dari pengertian secara harfiah tersebut, Karma Phala adalah sebuah reaksi dari sebuah aksi yang dilakukan baik oleh pikiran, perkataan maupun tindakan seorang manusia. Dalam Panca Sraddha, disebutkan bahwa Agama Hindu percaya dengan adanya Karma Phala. Karma Phala dalam hal ini menurut pengertian saya berdasarkan pengetahuan yang telah diketahui seperti disebutkan di atas, tiada lain adalah sebuah reaksi terhadap aksi. Aturan umum yang berlaku adalah bahwa sifat alam semesta buwana agung maupun manusianya atau buwana alit selalu sejalan, maka pengembangan sikap Tri Kaya Parisudha akan menghasilkan Karma Phala yang mendukung terciptanya kebahagiaan setiap makhluk dan keberlangsungan alam semesta. Semesta dan isinya selalu menuju kepada Keseimbangan, karena itulah semuanya berputar dalam kehidupan ini.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, apakah setiap karma yang baik selalu menghasilkan phala yang baik pula? Hal ini terjawab hanya jika buwana alit atau Sang Diri telah menyelaraskan dirinya dengan buwana agung atau Semesta. Pikiran, Perkataan dan Tindakan yang baik bagi makhluk dan alam semesta pastilah menghasilkan suatu hal yang baik pula untuk keberlangsungan makhluk dan semesta itu sendiri. Hal ini berlaku pula sebaliknya.

Berangkat dari kesimpulan tersebut, hendaknya kita secara bertahap mulai belajar untuk berpikir, berkata dan bertindak untuk kebaikan semua makhluk dan alam semesta, dengan menyelaraskan diri dengan semesta yaitu dalam hal ini disebut ikhlas, tanpa terikat akan hasil dari perbuatan tersebut. Ikhlas menyelaraskan buwana alit dan buwana agung. Berserah akan hasil, berfokus kepada usaha dan tindakan yang positif untuk kepentingan makhluk dan keberlangsungan semesta. Karma Phala bukanlah dimaksudkan bahwa jika menanam padi tumbuh padi, menanam duri tumbuh duri. Namun lebih kepada, menanam padi dengan ikhlas, tidak peduli apakah akan tumbuh padi yang kualitas baik atau buruk, atau bahkan tumbuh duri, yang ada hanyalah fokus berbuat dan berupaya sebaik mungkin dalam menanam padi.

Semoga semua makhluk hidup berbahagia

:, ,

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons

Mencari sesuatu?

Gunakan form di bawah untuk menjelajahi situs:

Tetap tidak ketemu? Tinggalkan komentar agar kami bisa mencarikan untuk Anda!

Temans

Website dan Blog kawan

Arsip

Semua posting, secara kronologis..