Kayuselem

Kepercayaan Hindu Bali tentang Saudara Empat

by on Jan.24, 2017, under Buah Pikiran

Ini adalah salah satu kutipan dari Catatan harian Saya, sebagai seorang ayah dan anggota keluarga.
Saat engkau lahir, waktu dan tempat telah ditentukan olehNya. Yakinlah, bahwa itulah waktu terbaikmu. Dalam kepercayaan Hindu di Bali, ada istilah wewaran, yaitu penamaan hari menurut perbintangan Bali. Wariga, dibuat oleh leluhur orang Bali, yang berkembang di tanah Jawa dan kemudian dibawa ke Bali. Wariga memuat baik buruknya hari, yang mempengaruhi pembawaan masing-masing manusia. Namun, yakinlah bahwa Tuhan telah memberikanmu kesempatan hidup, itulah yg utama. Waktu lahirmu telah ditentukanNya, dan tidak ada seorang manusiapun yang bisa menyangkalnya. Karena itulah,engkau wajib bersyukur dan menghormati hari lahirmu.

Saat engkau lahir,engkau ditemani oleh empat saudaramu yang selalu menyokong kehidupanmu saat di dalam kandungan. Mereka lahir bersamamu, yaitu ari-ari, lamas, darah dan air ketuban. Menurut kepercayaan Hindu Bali, saudara empat ini selalu menemani manusia sampai ia kembali kepada Sang Pencipta. Mereka selalu menemani dalam suka dan duka. Tatkala engkau telah mengetahui hal ini, maka seyogyanya mulai tumbuh suatu kepercayaan dalam dirimu, bahwa engkau memiliki saudara paling hakiki yang selalu ada menyertaimu, tanpa engkau sadari. Sehingga, mulai saat ini, yakinilah mereka ada dan berusahalah berkomunikasi dengan mereka. Semua yang engkau inginkan, perlindungan dan segala bantuan yang positif akan datang dari saudara empat ini. Sehingga, mulailah sapa mereka, dan jalinlah hubungan yang baik dengan mereka.

Sesuai kepercayaan tersebut, dalam sistem wariga di bali, setiap 210 hari, sapta wara,panca wara dan pawukon yang kemudian jatuh pada hari tertentu, seyogyanya engkau memberikan upacara oton pada sang empat saudara,agar senantiasa melindungi dan menyertaimu.

Selain itu, pada dedinan atau saat saptawara dan pancawara bertemu, haturkan canang sari pada plangkiran tempat tidur dan pada tempat menanam ari-ari, beri rarapan secukupnya, dan berdoalah agar mereka selalu melindungi dan menyertai. Sering seringlah bertanya pada diri sendiri, engkau akan mendapatkan semua jawaban..ingatlah selalu saudara empatmu saat makan dan minum, makan dan minumlah bersama, karena engkau lahir bersama, mintalah penyertaan mereka kemanapun engkau pergi, niscaya selamat dan memperoleh keberhasilan..

:, , , ,

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons

Mencari sesuatu?

Gunakan form di bawah untuk menjelajahi situs:

Tetap tidak ketemu? Tinggalkan komentar agar kami bisa mencarikan untuk Anda!

Temans

Website dan Blog kawan

Arsip

Semua posting, secara kronologis..