Lalintih Sang Catur Sanak Bali, Kayu Selem, Celagi, Tarunyan, Kaywan Balingkang, lan Warga Bali Aga

Buku terbitan Yayasan Tan Mukti Palapa yang ditulis oleh Prof.Dr.Drs. I Ketut Riana,SU atau Jro Mangku Ulun Sari Les Tejakula Buleleng ini berisi tentang penelusuran sejarah keluarga Pasek Kayuselem berdasarkan atas Lontar/Babad asli yang ditulis oleh Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh dengan persetujuan Dalem Samprangan yang ditulis ulang sama persis dengan aslinya.

Oleh Jro Mangku Ulun Sari diterjemahkan secara ilmiah menggunakan berbagai referensi yang ada, mengenai asal-usul dan perjalanan sebuah keluarga/clan Pasek Kayuselem yang muncul di Batur kemudian menyebar ke seluruh pelosok pulau Bali. Tulisan pada buku ini juga menjelaskan dengan terang benderang kerancuan tentang kelahiran sebuah keluarga bali Sang Catur Sanak Bali, tentang silsilah dan perjalanannya.

Semoga buku ini menjadi lentera pencerahan bagi kita semua khususnya pratisentana Ida Betara Kawitan, dan menjadikan kita semakin eling ring Kawitan dan menjalankan swadharma kita dengan sebaik-baiknya.

Buku ini telah beredar di Toko-toko buku di Denpasar, bagi yang berminat silahkan dicari dan dibaca.

 

2 comments

    1. Om Swastyastu,
      ampure semeton tityang sareng sami, santukan tityang nenten meduwe data utawi informasi terkini ring dije dados numbas utawi ngerereh buku Lalintih Sang Catur Sanak Bali, niki wenten hasil scan dari buku punika, yening Ida dane semeton tityang wenten arsa jagi ngwacen, dados ngirim email ke agusukerta@gmail.com. Jagi kirim tyg copy dalam bentuk scan ke MS Word. Niki wantah inisiatif pribadi dan beberapa keluarga, dumogi mapikenoh. Niki wantah “UNTUK KALANGAN SENDIRI” nggih, nenten dados disebarluaskan untuk komersil. Suksma..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *